Jumat, 18 Januari 2013

BNPB Keluarkan Dana Rp 15 Miliar Untuk banjir jakarta


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengucurkan anggaran Rp 15,4 miliar guna membantu korban banjir Jakarta. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi pengadaan perlengkapan korban banjir, seperti makanan, selimut, MCK, dan kebutuhan lainnya.

"Dana tersebut dikeluarkan BNPB dari dana pagu tanggap darurat," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (18/1/2013).

Ia mengatakan, dana tersebut dikucurkan mengingat pagu anggaran Pemrov DKI Jakarta untuk banjir tidak ada. Anggaran Pemda DKI Jakarta telah habis sejak akhir tahun 2012. Sebab itu, pemerintah pusat melalui BNPB yang berada di bawah Kementerian Kesejahteraan Rakyat mengucurkan anggaran dari pagu tanggap darurat.

"Pada periode Desember, dana Pemda sudah habis, sedangkan pada Januari belum ada anggaran karena masih dalam pembahasan," terangnya.

Hingga kini, kata dia, Pemprov DKI Jakarta belum meminta bantuan dana langsung ke BNPB. Padahal, dana langsung tersebut dialokasikan untuk bencana alam di seluruh wilayah Indonesia. "Pemprov DKI belum meminta dana oncall ke BNPB. Pemprov hanya meminta bantuan dapur umum dan perlengkapan bagi pengungsi," pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar